19 Oktober 2010

MODIFIKASI Toyota Corolla DX 1981


Toyota Corolla DX

modifikasi corolla dx 1981
Hot Rod” adalah salah satu gaya modifikasi yang banyak penggemarnya di amerika serikat. Ciri khas pada mobil-mobil yang dimodifikasi dengan gaya hot rod adalah hampir selalu menggunakan mobil-mobil produksi amerika dengan mengganti  mesin dengan kapasitas yang lebih besar serta tetap menggunakan  aksesoris orisinal pada bagian interior maupun eksteriornya.
corolla dx 1981Bagaimana jika pemikiran ini diterapkan pada mobil produksi jepang. Hasilnya adalah seperti Corolla AE71 tahun 1981 ini. Corolla ini termasuk generasi keempat yang dibuat antara  tahun 1979 – 1983. Mobil ini diberi kode chassis yaitu : E70E75 (angka terakhir menunjukkan “body style” dan trim). Pada saat dipasarkan, Corolla seri ini tersedia dalam model : sedan  2-pintu, sedan  4-pintu, station wagon  5-pintu, sport coupe  2-pintu,  liftback 2-pintu  dan hardtop 2-pintu.  Seperti semua kode chasis Toyota, huruf pertama pada kode menunjukkan seri mesin yaitu :
  1. AE7x untuk mesin seri 3A atau 4A.
  2. CE7x untuk mesin seri  1C.
  3. KE7x untuk mesin seri  3K atau 4K.
  4. TE7x untuk mesin seri  2T atau 3T.
mesin 4AGE corolla dxSalah satu versi corolla ini yaitu KE70 model sedan 4-pintu,  sangat dipuja oleh para penggemar mobil retro di jepang.  Mobil ini mempunyai keistimewaaan yaitu mudahnya melakukan penggantian mesin dengan seri mesin corolla yang lebih baru tanpa banyak melakukan perubahan pada ruang mesinnya.
toyota corolla dx interiorMesin pengganti yang paling favorit di pasang di mobil ini adalah mesin dari Corolla seri seri AE86 yaitu mesin seri 4A-GE, termasuk mesin “the twenty-valve AE101 dan  AE111”. Mesin seri 4A-GE ini sangat popular karena mudah sekali di modifikasi dengan aneka jenis parts kompetisi yang juga tersedia melimpah.
Demikian juga dengan corolla AE71 ini, mesinnya telah diganti dengan dengan menggunakan mesin seri “the blacktop AE111 4A-GELU”. Ini adalah mesin seri terbaru dan terbaik dari mesin seri 4A-GE yang menggunakan 20-valves dan “individual throttle-bodies”. Untuk melayani kekuatan mesin yang dahsyat ini, remnya telah dimodifikasi dengan menggunakan rem dari AE86 GTS termasuk LSD-nya.
velg retro spion tanduk corolla dxPada bagian Interior, yang aslinya berwarna biru dan telah usang dimakan usia, diganti dengan interior baru yang berwarna hitam.  Pada bagian eksterior, cat aslinya yang berwarna biru telah diganti dengan warna jeruk dan dilengkapi dengan weatherstripping baru. Aneka jenis parts dari Jepang, Filipina, Thailand, Australia, Hong Kong dan dari seluruh dunia terpasang di mobil ini, salah satunya adalah bumper chrome dan spion tanduk JDM.

Fiat 125 RETRO

Fiat 125

fiat retro 125
Fiat 125 diperkenalkan pertama kali pada tahun 1967 dan terus diproduksi sampai dengan tahun 1972. Dengan lisensi Fiat, 125 juga di produksi  di beberapa Negara di luar Italia, bahkan sampai dengan tahun 1990-an. Fiat 125 didesain dengan mengambil basic dari lantai dan rangka Fiat 1300/1500 dengan ukuran wheel base : 2505 mm. Bodi-nya dikembangkan dari Fiat 124 yang di panjangkan 8 cm (3 inches) pada bagian kursi belakang.
Fiat 125 termasuk mobil yang “ tidak biasa” pada jamannya, alasannya : Fiat 125 diproduksi sebagai mobil penumpang, tetapi dengan performa mobil sport.  Hal ini terjadi karena mesin yang digunakan sama dengan mesin yang dipasang pada Fiat 124 Sport. Mesin ini adalah type DOHC dengan kapasitas  1608 cc, output  90 bhp, dengan karburator Solex.
fiat retro 125 sSelain itu, bila dibandingkan dengan mobil lain, Fiat 125  menggunakan lebih banyak komponen electrical. Salah satu contohnya adalah penggunaan  Twin Headlight. Fitur lain yang tidak kalah penting  adalah penggunaan kopling electromagnetic.
Pada tahun 1968, pabrikan Fiat mencoba mengembangkan produk ini dengan membuat  Fiat 125 S ( S = Special). Sesuai dengan namanya, mobil ini memang sangat special. Mesinnya lebih bertenaga dibanding Fiat 125, yaitu mencapai 100 bhp. Output ini didapatkan dengan cara me-modifikasi cylinder head, camshaft, inlet manifold, serta menggunakan karburator Weber. Untuk menyempurnakannya, mobil ini dilengkapi dengan gearbox lima kecepatan yang saat itu juga belum umum digunakan. Trim dan styling pun di-desain ulang, sehingga terlihat lebih mewah. Pada masanya Fiat 125 S  mendapat banyak pujian dalam hal “handling” dan dinamika.
Melihat sukses 125 S, pada tahun 1970, Fiat 125 di “facelifted” dengan menggunakan lebih banyak trim seperti 125 S, Termasuk perubahan pada bagian depan dan  lampu belakangnya yang menggunakan model baru. Pada tahun ini juga  tersedia pilihan three speed automatic transmission.
fiat retro 125 tSelain penambahan varian yang dilakukan oleh pabrikan, pernah juga dibuat varian khusus Fiat 125 oleh salah satu importer Fiat di Selandia baru yaitu Torino Motor. Varian ini diberi nama sebagai Fiat 125 T. Mobil ini didesain untuk digunakan dalam lomba “the annual 6 hour production car race” (Benson and Hedges 500). Jumlah yang dibuat tidak terlalu banyak yaitu antara 84 sampai dengan 89 unit. Fiat 125T dimodifikasi dengan menggunakan valve yang berukuran lebih besar, dilengkapi dengan karburator twin Weber DCOH atau Dell” Orto  40DHLA (tergantung ketersediaan), modifikasi camshafts dan rasio kompresi yang lebih tinggi, agar dapat memproduksi tenaga sekitar 125 bhp (93 kW). Termasuk modifikasi suspensi agar lebih rendah dan lebih kaku, serta memakai “Ward mag wheels” dan dicat kuning cerah.
Versi lain Fiat 125 juga dirancang  ulang dan dibangun oleh beberapa desainer terkenal :
  • Moretti, yang membuat 125GS 1,6 dengan style yang sama dengan Fiat Dino Spider.
  • Zagato, dengan membuat 125Z.
  • Savio, sebuah 125 Coupé dan 125 Station Wagon.
  • Pininfarina , sebuah 125 Eksekutif.
  • Vignale menghasilkan Samantha, dua pintu coupé dengan lampu depan pop-up.
Produksi Fiat 125 di Italia diakhiri pada tahun 1972, ketika Fiat 132 diperkenalkan. Total produksinya mencapai  603.877 unit. Tetapi di Negara-negara lain, tetap diproduksi dengan lisensi, seperti di  :
  • Argentina, hingga tahun  1982 dan termasuk station wagon dan versi coupé.
  • Mesir,  terus diproduksi sampai tahun 1983. Di Negara ini, Fiat 125 adalah salah satu mobil yang banyak dicari karena kehandalan dan kekuatannya.
  • Polandia, Fiat 125 diproduksi  oleh Fabryka Samochodów Osobowych (FSO), mulai dari tahun 1967 hingga tahun  1991, dengan merek Polski Fiat sebagai Polski Fiat 125p , dan kemudian sebagai FSO 1500, FSO 1300, atau FSO 125p.
fiat retro 125pFiat 125 yang diproduksi di Polandia ini, adalah variasi yang sangat sederhana, karena masih menggunakan mesin 1300 cc atau 1500 cc yang telah ketinggalan jaman serta mekanikal dari Fiat 1300/1500. Mobil produksi Polandia ini jauh  berbeda dengan yang diproduksi di Italia, yang paling jelas terlihat adalah penggunaan lampu bulat, bukan yang empat persegi. Fiat 125 yang diproduksi di negara ini, selain varian  sedan, juga tersedia varian station wagon (Polski Fiat 125p Kombi) dan pickup, serta model  hatchback 5 pintu yang disebut sebagai Polonez FSO.