COMMON RAIL EFI DIESEL
Dalam
perkembangan sekarang ini mesin diesel lebih banyak diminati oleh
beberapa kalangan. dahulu mesin diesel hanya digunakan oleh mobil niaga
yang digunakan untuk mengangkut barang atau untuk angkutan umum.
Di era sekarang, mesin diesel mulai merambah ke kalangan mobil pribadi dan bahkan mobil mewah. mengapa?
Jika
dilihat dari sisi tenaga yang dihasilkan, mesin diesel memiliki torsi
yang lebih baik daripada mesin bensin pada tingkat rpm yang rendah.
Hanya saja banyak kalangan dulunya mengeluhkan mesin diesel kasar.
banrkah?
Ternyata
teknologi tidak berhenti di situ saja, ketika orang mulai mengejar yang
namanya efisiensi, maka mesin diesel bisa dijadikan alternatif
pemecahan. Begitu kira kira menurut beberpa orang.
perkembangan
mesin diesel saat ini akan kita lihat, salah satunya adalah sistem
Common Rail Efi Diesel. berikut gambar skemanya :
Ada
perbedaan dengan type diesel yang lama, yaitu sistem common rail ini
digabungkan dengan sistem injeksinya yang dikontrol secara elektronik.
type diesel yang lama injektor membuka karena tekanan bahan bakar,
tetapi pada common rail yang membuka injektor adalah arus dari ECU. jadi
injektornya prinsip kerjanya hampir sama dengan injekto mobil bensin.
Sedangkan
tekanan bahan bakar yang dipompa oleh pompa, ditampung dahulu dalam
common railnya. sehingga pada semua kondisi diharapkan sama tekananya.
jenis ini memeiliki beberapa keuntungan diantaranya :
Tekanan, jumlah dan waktu penginjecsian dikontrol secara elektronik, sehingga diperlukan akurasi kontrol mesin yang tinggi
Tekanan bahan bakar tinggi, sehingga menjamin atomisasi bahan bakar yang lebih baik
Tekanan bahan bakar tersedia setiap saat.
dari situ akan didapat peforma mesin yang :
1. peforma bagus dan irit bahan bakar
2. getaran dan suara mesin yang lebih halus
3. gas buang yang lebih bersih