20 Oktober 2010

Sunroof


Sunroof Moonroof


sunroof mobil mercy mini retroSunroof” dalam dunia otomotif adalah bentuk atau bagian atap mobil yang terbuat dari kaca atau pelat logam yang dapat terbuka, baik dengan cara di diangkat ataupun di geser.
Tujuan dari mekanisme ini adalah agar cahaya atau udara segar dapat leluasa masuk ke dalam ruang dalam mobil.
Sunroof ini biasanya terpasang sebagai kelengkapan original dari pabrik pembuat kendaraan atau dijual terpisah sebagai asesoris.
sunroof mobil vw retroMekanisme sunroof ada 2 jenis yaitu : Manual atau Elektrik. Sunroof tersedia dalam beberapa jenis,tipe dan bentuk.
Namun khusus di indonesia,bentuk sunroof ini lebih banyak mengacu pada tipe “Spoiler Sunroof“, yang pada saat dibuka, panelnya slidingnya akan bergeser  keatas atap.
Bentuk rangka spoiler sunroof,  seukuran dengan kaca ataupun panel pelat yang terbuka. Karena ukurannya relatip kecil, sunroof jenis Spoiler Sunroof ini biasa dipasang pada mobil jenis sedan. Pemasangan cukup mudah dan cepat. Atap hanya digunting seukuran rangka, dan relatip tidak membutuhkan cat ulang bagian atap.
sunroof-datsun320Perkembangan sunroof juga mengikuti perkembangan teknologi otomotif. Saat ini beberapa produsen sunroof memakai bahan panel kaca sebagai pengganti panel pelat besi. Tipe sunroof ini dinamakan sebagai “Moonroof“, yang termasuk  jenis “Sunroof Inbuilt“.
Beda sunroof inbuilt dengan dengan sunroof spoiler adalah dari gerakan membukanya yang sliding kedalam atap (diantara atap dan bahan pelapis plafon). Bentuk rangka dan relnya berukuran dua kali lipat dari panel kacanya,sehingga instalasinya menjadi lebih rumit.
Pada dasarnya, Sunroof dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu :
  • sunroof mobil peugeot 505 retroPop-up Sunroof, yaitu tipe sunroof manual yang prinsip kerjanya paling sederhana,dengan cara mengangkat panelnya. Sunroof jenis ini dapat dipasang di hampir semua jenis mobil dan harganya relatip murah.
  • Spoiler Sunroof, prinsip kerjanya diangkat dan digeser. Lebar bukaan sunroof tipe ini paling kecil dibanding tipe-tipe lainnya, biasanya menggunakan penggerak elektrik dan selalu ada panel penahan sinar matahari sebagai tambahan.
  • Inbuilt Sunroof, mekanismenya dengan cara sliding ke dalam atap.
  • Folding Sunroof, atau lebih dikenal sebagai Rag Top, merupakan sunroof tradisi mobil eropa. Walaupun dikategorikan sebagai sunroof,  Rag top memiliki bukaan sangat lebar seperti mobil cabrio.
  • Topmount Sliding Sunroof, jenis sunroof yang menggunakan panel kaca besar yg membuka pada jalur khusus di atas atap.
  • Panoramic Roof adalah sistem sunroof yang menggunakan kaca atau panel berukuran besar ataupun kaca ganda yang mampu dinikmati dari baris depan juga baris penumpang belakang.