7 Agustus 2010

PERAWATAN WIPER

Saat hujan turun, keberadaan wiper menjadi sangat penting untuk menyapu air dari kaca depan. Wiper yang tidak fleksibel dan keras adalah ciri wiper yang harus diganti. Karena dapat menggores kaca yang dapat mengganggu pemandangan. Karet wiper yang buruk ditandai dengan timbulnya embun pada bagian kaca yang tersapu wiper. Berikut ini tips merawat wiper:
1. Direnggangkan
Renggangkan karet wiper dari kaca ketika mobil diparkir ditempat yang langsung terkene sengatan matahari. Karena saat wiper menempel pada kaca yang terkena sengatan matahari, maka karet wiper akan memuai, dan jika dibiarkan lama-kelamaan karet wiper akan menjadi keras.
2. Tuas wiper
Untuk menjauhkan karet wiper dari kaca, kita bisa langsung menegakkannya setia kali memarkir di bawah terik matahari. Selain dengan menegakkan batang wiper (tuas wiper), sebetulnya di toko-toko aksesoris mobil banyak dijual alat yang bisa menunjang batang wiper sehingga karetnya bisa terjauh dari kaca jika alat ini fungsikan. Dengan alat ini, batang wiper tidak perlu sampai berdiri tegak.
3. Periksa air wiper (washer)
a. Periksalah secara berkala.
b. Isi bila tangkinya tampak kosong.
c. Atur arah semburan washer, sehingga semburan tepat mengenai lintasan wiper dan proses pembersihan kaca berjalan baik.